Senin, 29 November 2010

apa sih open source software itu

apa sih open source software itu

mungkin kita seringkali mendengar istilah open source. Saya merasa khawatir karena kekurangan informasi tentang pengertian open source, membuat kita berpikir bahwa open source itu berarti “melegalkan” pembajakan. Tulisan saya kali ini hanya ingin menyampaikan apa sih sebenarnya open source itu?
Mungkin definisi singkat tentang open source adalah, software-software yang memiliki lisensi Open Source. Jadi, di dunia ini ada dua jenis lisensi: berlisensi open source(GNU/GPL) dan berbayar, biasanya dilindungi oleh lembaga hak cipta.
Terus seperti apakah software yang berlisensi open source itu? Software open source itu adalah software yang bias unduh gratis, dan tidak memiliki Time to Try. Saya bisa menyimpulkan ada 3 ciri pokok software yang berlisensi open source.
1.    Anda tidak memerlukan program crack untuk menggunakan full feature dari software tersebut.
2.    Anda tidak membutuhkan serial number orang lain untuk kemudian dimasukkan di software tersebut.
3.    Jika software yang digunakan tidak memiliki time to try, itu artinya software anda berlisensi open source.
Itu definisi dan cirri-ciri yang paling gampang dari open source.
Semoga dengan adanya tulisan ini, kita semakin menghindari penggunaan produk bajakan. Karena menggunakan produk bajakan itu sama halnya dengan kita menambah dosa kita di dunia ini. Membajak itu perbuatan kurang benar. Diusahakan sebisa mungkin menggunakan produk yang berlisensi.
Saya sampai sekarang berusaha menggunakan produk open source, dan menghindari penggunaan produk bajakan. Alhamdulillah, jika spt Microsoft Office, saya mampu membeli lisensi resminya karena sekarang sudah sangat murah buat Word, Excel, Power Point.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar